February 21, 2024

Bertempat di markas UEFA yang ada di Nyon, Swiss hari Jumat (16/3) pekan lalu, pengundian alias drawing untuk babak delapan besar/perempat final Liga Champions 2018 sudah digelar. Delapan tim raksasa bakal bertarung untuk meraih kasta tertinggi sepakbola antarklub di benua Eropa. Kedelapan klub itu adalah AS Roma, Juventus, Bayern Munich, Manchester City, Liverpool, Real Madrid, Sevilla dan Barcelona.

 

Secara jadwal, leg pertama babak perempatfinal akan digelar 3-4 April 2018 dan leg kedua pada 10-11 April 2018. Hasilnya sendiri adalah Barcelona vs AS Roma, Sevilla vs Bayern Munich, Juventus vs Real Madrid dan dua raksasa Liga Inggris, Liverpool vs Manchester City. Melihat hasil drawing, bisa dibilang kalau ada pengulangan dari Liga Champions 2017 saat babak delapan besar. Di mana sama-sama memiliki dua tim Inggris dan mengulang laga final. Tentu saja prediksi sudah mulai saling dituliskan.

 

Talksport melansir bahwa sebuah komputer super memprediksi pemenang dari laga duel tim Inggris dan pengulangan final termasuk skor pada masing-masing leg. Di mana saat Liverpool bakal bisa merebut tiket semifinal dengan hasil menang 3-1 di Anfield dan kalah 1-2 di Etihad. Sementara Madrid yang kembali berjumpa Juventus seperti laga final Liga Champions 2017 juga diprediksi bisa kembali unggul dengan skor 1-1 di Turin dan menang 1-0 di Santiago Bernabeu.

 

Untuk pertandingan lain, Bayern diprediksi bisa menang mudah atas Sevilla entah kandang atau tandang. Barcelona di lain pihak juga akan mampu menyingkirkan Roma dengan menang 3-0 di Camp Nou dan seri 1-1 di Roma. Apakah prediksi komputer super ini bakal terbukti? Sepertinya memang harus menanti bulan April nanti.

 

Supremasi Tim-Tim Spanyol

 

Bisa dibilang kalau babak perempatfinal Liga Champions 2018 ini jadi bukti kalau tim-tim asal Spanyol memang begitu mendominasi. Dari delapan slot yang ada, Spanyol mengirimkan tiga klub raksasa mereka yakni Madrid, Sevilla dan Barcelona. Meskipun dari segi kekuatan Sevilla yang paling lemah, Bayern jelas tak bisa meremehkan. Bahkan kalau boleh dibilang, Bayern punya rekor buruk atas tim Spanyol.

 

FC Hollywood selalu saja terhenti di semifinal dan perempatfinal saat menghadapi tim-tim asal Spanyol. Pada tahun 2014, mereka kalah agregat 0-5 dari Madrid di semifinal. Lalu tahun 2015 giliran Barcelona memulangkan Bayern di babak semifinal. Tahun 2016 mereka disingkirkan slot gacor wd Atletico Madrid di babak semifinal dan tahun 2017 kemarin, Madrid lagi-lagi mengandaskan mimpi Bayern di perempatfinal. Dengan kali ini kembali berjumpa tim Spanyol yakni Sevilla, Bayern harus ekstra waspada. Apalagi mengingat Sevilla begitu luar biasa menyingkirkan Manchester United, Bayern tak boleh lengah.

 

Manchester City Siap Debut ke Final

 

Dibandingkan tim-tim lain, City mungkin termasuk nama baru dalam bursa juara Liga Champions. Sejak ditangani Pep Guardiola, City memang menjelma menjadi salah satu tim raksasa Eropa. Lolosnya mereka ke perempatfinal ini seolah menjadi harapan untuk mencetak sejarah. Karena selama ini, The Citizens belum pernah menjadi juara dan hanya bisa mencapai semifinal tahun 2016 saat ditangani Manuel Pellegrini.

 

Melihat sepak terjang mereka dalam Liga Inggris musim ini yang begitu kokoh memuncaki klasemen dengan berbagai rekor luar biasa, bukan tak mungkin City akan merengkuh trofi Champions pertama. Menghadapi Liverpool yang meskipun dalam klasemen sementara di bawah mereka, City jelas tak boleh memandang mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *