February 21, 2024

Belum lama berselang sejak seniman senior serba bisa Djaduk Ferianto tutup usia, dunia hiburan tanah air kembali dikejutkan dengan kabar berpulangnya Cecep Reza, mantan artis cilik yang sempat tenar di tahun 90-an. Reza dikabarkan wafat pada Selasa (19/11/2019) pukul 14.50 WIB pada usia 31 tahun. Pemeran Bombom di sinetron Bidadari tersebut memang mengidap penyakit jantung dan beberapa waktu sebelum wafat diketahui dirinya menjalani prosedur operasi untuk memasang ring pada jantungnya.

 

Mengenal penyakit jantung

Ada banyak hal pemicu penyakit yang menewaskan paling banyak orang di dunia ini, mulai dari faktor genetic, kurang berolahraga, hingga kebiasaan merokok. Tetapi Anda tak perlu khawatir karena resiko penyakit jantung dapat diminimalisir dengan mengubah gaya hidup terutama pola makan.

 

Yang dibutuhkan untuk mengantisipasi serangan penyakit jantung adalah mengonsumsi hidangan yang sehat dan seimbang serta berolahraga secara teratur. Terapkan diet sehat dengan menghindari hidangan dengan kandungan garam tinggi karena dapat meningkatkan resiko terserang penyakit darah tinggi, stroke, serta serangan jantung. Konsumsi hidangan nabati juga harus diperbanyak, seperti sayuran dan buah segar, kacang-kacangan, serta gandum.

 

Makanan untuk menurunkan resiko serangan jantung

Tidak ada makanan ajaib yang secara singkat membebaskan atau membentengi tubuh Anda dari penyakit berbahaya. Sesuai laman Better Health, inilah beberapa jenis makanan yang dapat membantu memperkecil resiko mengalami penyakit jantung.

 

  1. Minyak ikan

Beberapa jenis ikan diketahui mempunyai kandungan asam lemak omega-3 berdosis tinggi, yaitu salmon, tuna, sarden, dan makarel. Asam lemak omega-3 terbukti dapat meminimalkan kandungan trigliserida serta meningkatkan kadar HDL-kolesterol. Selain itu omega-3 juga dapat memperkecil resiko penggumpalan darah, dapat mengencerkan darah, serta meningkatkan kelenturan pembuluh darah.

 

  1. Minyak nabati

Selain minyak ikan Anda juga bisa mengandalkan beberapa minyak nabati yang memiliki kandungan asam lemak omega-6 dan omega-3 seperti kedelai, jagung, dan kanola. Minyak nabati tersebut diketahui dapat memperkecil kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein). Gunakan lemak nabati untuk mengganti konsumsi lemak jenuh misalnya dari mentega.

 

  1. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran segar (bukan manisan atau asinan) sangat kaya antioksidan dan dapat melindungi jantung Anda. Ini karena bahan alami tersebut memiliki kandungan folat yang dapat memperkecil kandungan asam amino homocysteine yang dapat memicu peningkatan resiko serangan jantung.

 

  1. Makanan dengan kandungan vitamin E

Dari riset yang pernah dilakukan vitamin E berkhasiat sebagai antioksidan yang dapat meminimalkan resiko akibat konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat.Vitamin E terdapat dalam produk gandum, sayuran yang berwarna hijau tua, dan buah alpukat.

 

  1. Makanan dengan kandungan sterol nabati

Rajin memenuhi asupan fitosterol atau sterol nabati dengan jumlah 2 sampai 3 gram dapat membantu meminimalkan kandungan kolesterol LDL sampai 10%. Caranya adalah rutin mengonsumsi sereal sarapan, susu, yoghurt rendah lemak, serta margarine.

 

Dari kasus yang terjadi pada Cecep Reza dapat disimpulkan bahwa penyakit jantung tak hanya mengancam mereka yang telah berusia lanjut tetapi juga anak-anak muda.Karena itu bagi Anda yang telah berusia lebih dari 40 tahun, sangat disarankan untuk melakukan check up kesehatan secara teratur. toto macau Seringkali yang bersangkutan baru memeriksakan keluhannya saat sudah parah.Ini artinya pada pembuluh darah mereka telah terbentuk plak yang tidak disadari.

 

Untuk memeriksa kesehatan jantung umumnya dilakukan dengan alat EKG serta monitoring rekaman jantung dengan meminta pasien beraktivitas dengan treadmill.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *